Salah Teknis, Facebook Ganti Rugi Pengiklan


London, Info Breaking News  - Perusahaan jejaring sosial Facebook dilaporkan akan mengganti rugi sejumlah pengiklan di platform mereka karena telah terjadi kesalahan teknis pada "conversion lift", alat yang digunakan untuk mengukur efektivitas iklan.

Alat tersebut diketahui mengalami kendala (glitch) yang berdampak pada ribuan iklan dalam periode antara Agustus 2019-Agustus 2020. Facebook mengatakan telah memperbaiki kendala tersebut pada September dan menawarkan ganti rugi kepada klien-klien mereka yang terdampak.


Conversion lift adalah program yang digunakan Facebook untuk mengukur efektivitas iklan di platform-platform Facebook, seperti Facebook dan Instagram, terhadap kinerja bisnis.


Facebook mengakui pihaknya menemukan masalah teknis pada conversion lift dan telah memperbaiki masalah tersebut. Sejumlah kecil pengiklan yang terdampak akan mendapatkan ganti rugi.


Ini bukan yang pertama kalinya Facebook melakukan kesalahan laporan. Pada September 2016, Facebook melakukan overestimasi waktu yang dihabiskan konsumen melihat iklan video dalam periode dua tahun. Pada 2017 Facebook juga kelebihan dalam data penduduk di beberapa kota di AS, padahal jumlah penduduk di kota tersebut tidak sebanyak yang dilaporkan.


Pendapatan iklan Facebook mencapai US$ 21,2 miliar di triwulan ketiga tahun in, naik 22% dibanding periode yang sama tahun lalu. ***Jeremy

Subscribe to receive free email updates: